PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

Reportase yang bisa sampaikan berdasarkan kuliah filsafat pendidikan pada hari selasa, tanggal 30 oktober 2018 adalah :

     Diawal perkuliahan filsafat membahas tentang Manusia harus memahami simbol. Manusia pandai memahami simbol. Simbol disini dimaknai dengan banyak hal seperti simbol lingkaran, warna biru simbol tentang bulan bintang yang sering dipakai orang Islam di Indonesia. Manusia sekarang sibuk memperdebatkan simbol yang terkadang bisa menimbulkan kesalah pahaman sesama manusia. Padahal seburuk-buruknya hal pasti akan ada yang baik.sejatinya manusia mengelola hal yang baik.

       Pendidikan dan Pengajaran

Pendidikan dapat dimaknai dengan "laku/ tuntutan" sejatinya pengajaran itu bagian dari pendidikan.
Makna yang lain tentang pendidikan adalah pengayomi. Pendidikan juga bisa berarti pelestarian. 
Kalau menurut bahasa arab juga pendidikan bisa dimaknai "tarbiyah". ada juga yang menyebutkan "Rabbun" yang artinya mendidik atau mengayomi. Tuhan itu yang mendidik. maka Tuhan itu juga yang menjadikan adabku lebih baik. Jadi, yang menggiringi kearah pendidikan adalah Tuhan.

Selanjutnya makna tentang Pengajaran adalah memberikan pengetahuan tuntutan. Pengajaran adalah bagian dari pendidikan. Pengajaran yang memberika pendidikan. Pengajaran didalamnya ada pemebelajaran atau bagian dari pembelajaran.

Ada yang memaknai pendidikan sebagai "Adab". Manusia-manusia individu yang komunal mencerminkan siapa diri mereka adalah Adab. ( maka disebut peradaban ).  Pendidikan dan pengajaran memiliki hubungan yang saling terkait satu sama lainnya.

Jika dalam memaknai  dan penulisan saya ada kekeliruan saya mohon saran dan kritik dikolom komentar masing-masing.

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filsafat Pendidikan

Manusia Titah Tuhan