Reportase Filsafat Pendidikan

Pertemuan kedua hari selasa tanggal 2 oktober 2018 telah dilakukan kegiatan perkuliahan Filsafat Pendidikan. 

Tokoh Pendidikan

       
Pendidikan di Indonesia memiliki tokoh pendidikan salah satunya adalah Ki Hajar Dewantara. Nama asli Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, Ia mengganti namanya agar ia bisa bebas dekat dengan rakyatnya tanpa adanya batas penghalang statusnya sebagai bangsawan. Ki Hajar Dewantara memiliki peran yang penting dalam dunia pendidikan.
Tokoh pendidikan wanita yang terkenal di Indonesia adalah R.A. Kartini. Beliau merupakan tokoh pergerak secara politik. Pembatasan perempuan di dunia politik Indonesia - Belanda. Tokoh perempuan lain adalah Cut Nyak Dien. Beliau berasal dari Aceh. Perjuangan beliau dari segi fisik maupun Psikis.
Paparan secara kritis tokoh pendidikan di Indonesia. Ki Hajar Dewantara datanya digunakan untuk Negara Vinlandia. Vinlandia adalah negara dengan pendidikan terbaik di Dunia. Seharusnya Indonesia juga bisa ikut memajukan pendidikan agar bisa lebih baik lagi seperti negara Vinlandia.
Bangsa yang lupa adalah bangsa yang dilupakan atau bangsa yang melupakan. Dalam buku Ki Hajar Dewantara terdapat delapan bab buku. Yang didalamnya membahas tentang pendidikan nasional.
Pendidikan Nasional adalah Pendidikan berawal dari rasa kemerdekaan. Kemerdekaan adalah memahami batasan - batasan. Ada batasan yang tidak boleh anda langgar. Kemerdekaan menurut Ki Hajar Dewantara : 1. Berdiri Sendiri, 2. Tidak bergantung pada orang lain, 3. Dapat mengatur dirinya senidiri. Pengajaran yang selaras dengan kehidupan bangsa adalah hubungan pengajaran dan kebangsaan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

Filsafat Pendidikan

Manusia Titah Tuhan